5 Negara di Dunia yang Memblokir Situs YouTube

negara pemblokir youtube
negara pemblokir youtube

Menurut pokertiam semakin populernya media sosial ketika ini menciptakan informasi darisekian banyak negara bisa diakses dengan mudahnya. Hanya dengan bermodalkan kuota internet, anda sudah dapat menjelajahi dunia. Namun,peradaban teknologi terutama media sosial juga dirasakan membahayakanuntuk sebagian negara karena dirasakan mampu menggerakkan dan menyebarkan berita maupun propaganda secara cepat dan luas. Sehingga tidak sedikit negara di dunia yang sudah memberlakukan larangan atau memblokirsejumlah situs media sosial, laksana YouTube yang adalahsalah satu platform video online terbesar di dunia.

Berbagai informasi yang anda butuhkan bisa diakses melewati situs ini, mulai dari hiburan, berita, tutorial, streaming, sampai pendidikan. Tetapi, ternyata tidak seluruh negara dapat dengan bebas mengakses YouTube. Ada sejumlah negara yang pemerintahnya menutup akses mengarah ke situs yang pun adalahbagian dari perusahaan teknologi Google.

Banyak dalil yang memengaruhi keputusan tersebut, seperti dalil politik, budaya, dan keamanan. Beruntunglah anda yang bermukim di Indonesiasebab masih dapat menikmati internet dengan fasih tanpa terdapat larangan. Saat lagi nganggur atau bosan, minimal kita dapat buka YouTubeguna nonton pelbagai video dari sekian banyak negara di dunia. Takmelulu itu, melewati YouTube kita pun dapat mengekspresikan diri denganmenciptakan akun YouTube dan mengunggah video unik di dalamnya.

Penasaran negara mana saja yang menutup situs YouTube? Yuk, simak daftarnya inilah ini.

1. Korea Utara
Salah satu negara yang telah menutup situs YouTube ialah Korea Utara. Bahkan, penduduk korea Utara melulu boleh merasakan server lokal mereka yang mempunyai nama “Kwangmyong”. Jaringan internet lokal tersebutmelulu menyediakan selama 1000 website yang mereka ciptakan sendiri.

Sejak dulu, Korea Utara sudah dikenal sebagai negara komunis yang mengisolasi diri dari dunia luar. Mereka tidak percaya dengan sistem operasi produksi di luar dari negara mereka. Akibatnya, tidak melulu YouTube, tapi seluruh situs yang terdapat di dunia ini ditutup oleh Korea Utara kecuali produksi negaranya sendiri. Bahkan, saking tidak percayanya dengan sistem operasi produksi barat laksana Windows, Linux, atau semacamnya, masing-masing komputer di Korea Utara memakai sistem operasi yang diberi nama Red Star OS.

2. China
China pun salah satu negara komunis yang memisahkan diri dari negara luar. Tetapi, perlahan China mulai tersingkap dalam bidang ekonomi. Bahkan, negara komunis ini sudah pulang menjadi sebuah negara berekonomi kapitalis. Tetapi, guna urusan politik mereka tetap memakai sistem komunis. Untuk menahan pengaruh dari luar terutama barat, China tidak mengizinkan semua produk Google tergolong YouTube dan website media sosial lainya beroperasi di negara tersebut, kecuali di wilayah perdagangan bebas di Shanghai zone, yang dinamakan dengan “The Greatfire Wall of China“.

Jadi, untuk kamu yang sedang berlibur ke China, jangan bercita-cita bisa bersantai seraya nonton YouTube, ya. Pasalnya, semenjak 2007kemudian partai komunis di negeri tirai bambu tersebut sudah menutup besar-besaran website yang dianggap bertentangan dengan revolusi.

3. Pakistan
Pakistan kesatu kali menutup situs YouTube disebabkan kemunculan film The Innocence of Muslim yang dirasakan menghina Nabi Muhammad SAW, bahkan film tersebut juga tidak sedikit ditentang dan memakan korban di negara-negara unsur timur tengah lainya. Apalagi menurut keterangan dari pemerintah Pakistan masalah agama atau SARA paling sensitif untuk masyarakat Pakistan.

YouTube masih ditutup di Pakistan semenjak September 2012 sampai sekarang. Mahkamah Agung Pakistan bahkan menuliskan bahwa YouTube mestiditutup sampai ditemukan teknik untuk menutup setiap konten yang berbau penistaan agama. Namun, sebab pemerintah Pakistan menyadari tidakterdapat yang dapat dilakukan untuk merintangi setiap konten yang berbau penistaan agama, barangkali pemblokiran ini masih akandilangsungkan lama.

4. Brazil
Pertama kali YouTube dituntut oleh Daniela Cicarelli (lebih familiar sebagai bekas tunangan Ronaldo), sesudah videonya tersebar bareng dengan kekasihnya sedang mengerjakan hubungan seksual di pantai Spayol. Ia menuntut supaya videonya dihapus, andai tidak YouTube akan ditutup di Brazil.

Pada tahun 2007, pemerintah Brazil memerintahkan supaya membuat penyaringan ketika mengakses YouTube. Tetapi setelah sejumlah pertimbangan penyaringan itu dirasakan tidak efektif. Akhirnya, pengadilan yang meminta YouTube dihapuskan. Tetapi tidak butuh khawatir, di Brazil anda masih dapat menikmati konten video layaknya YouTube,yakni brtube.com yang diciptakan setelah pemblokiran.

5. Sudan
Pertama kalinya pemerintah Sudan menutup YouTube pada April 2009 sesudah pemilu presiden. Tak melulu YouTube, mereka pun memblokir akun Google. Pemblokiran ini dilaksanakan karena beredarnya video panitia pemilu yangmenyerahkan tambahan suara palsu. Tetapi, kejadian tersebut tidakdilangsungkan lama. Namun, tahun 2012 YouTube kembali ditutup gara-gara tidak menghapus trailer film “The Innocence of Muslim”. Bahkan sesudah trailer itu dihapus, YouTube masih di tutup di Sudan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *