Makanan Khas Jawa Tengah yang Unik dan Harus Kamu Coba

makanan jawa tengah
makanan jawa tengah

Menurut pokermania88 kuliner merupakan sekian banyak hasil olahan yang berupa masakan. Setiap daerah seringkali mempunyai cita rasa tersendiri sampai-sampai setiapwilayah mempunyai tradisi kuliner yang berbeda-beda. Untuk wisatawan atau orang yang bertamu ke sebuah daerah, barangkali adalahsuatuempiris tersendiri untuk mengupayakan merasakan makanan wilayah tersebut. Berikut 9 kuliner menarik yang wajib diusahakan di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

1. Sego kucing
Sego kucing atau dalam Bahasa Indonesia nasi kucing adalahmakanan yang berasal dari Jogja, Solo, dan Semarang. Sego kucing ini berupa nasi dengan porsi paling sedikit yang dibalut dengan daun pisang. Biasanya sego kucing ini dibungkus bareng lauk berupa sambal, tempe, atau ikan teri. Makanan murah meriah dan simpel ini biasa dipasarkan di angkringan danbakal lebih enak dinikmati dengan lauk tambahan laksana sate usus, ceker ayam, atau gorengan. Harganya juga tergolong paling murah, yakni berkisar Rp 1.000 sampai Rp 3.000.

2. Sate klathak
Sate klathak sebetulnya adalahsate dengan bahan dasar daging kambing,tetapi bukan laksana sate domba pada umumnya. Sate klathak inidiciptakan dari daging domba muda dan teknik memasaknya pun pun berbeda, yakni hanya dihanguskan dengan ekstra bumbu berupa garam saja. Penyajiannya juga juga melulu disajikan begitu saja tanpa ekstra bumbu kecap laksana sate biasanya. Sate klathak ini biasa dijumpai di wilayah Bantul. Harga seporsi sate klathak pun tergolong murah, yakni Rp 7.000sampai Rp 15.000 saja.

3. Nasi gandul
Nasi gandul adalahnasi uduk yang disajikan dengan daun pisang. Rasa gurih nasi gandul ini pasti lebih gurih dari nasi uduk pada umumnya. Nasi gandul seringkali disajikan dengan ekstra lauk berupa daging sapi dan kuah segar tentunya. Makanan khas wilayah Pati ini paling terkenal dengan wangi sedap daun pandannya dan bakal lebih nikmat dicicipi saat masih hangat. Harga nasi gandul berkisar antara Rp 12.000 sampai Rp 20.000.

4. Tengkleng gajah
Tengkleng gajah bukanlah tengkleng yang dimasak dengan memakai daging gajah. Makanan ini berbahan dasar daging kambing, namun penyajiannya dalam porsi yang besar sampai-sampai biasa dinamakan dengan tengkleng gajah. Cara memasaknya juga ada 2 macam, yakni tengkleng yangdiciptakan tongseng dan pun tengkleng yang digoreng biasa. Tengkleng gajah ini bisa dijumpai di wilayah Sleman, yakni minomartani. Harga satu porsi tengkleng gajah ini memang lumayan mahal, yakni berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 40.000. Namun tidak boleh khawatir sebab satu porsi tengkleng gajah ini bisa dimakan guna 2 orang dewasa.

5. Sego godhog
Sego godhog atau dalam Bahasa Indonesia nasi rebus adalahmakanan yang sebenarnya serupa bakmi rebus jawa, tetapi isi dominannya ialah nasi. Sego godhog seringkali disajikan dari bahan dasar berupa nasi, suwiran ayam, bihun, telur, sayuran, dan kuah kaldu tentunya. Kombinasi darisekian banyak bahan makanan dan disajikan dalam situasi hangatmenciptakan sego godhog ini menjadi kuliner yang paling digemari. Sego godhog bisa dijumpai di wilayah Bantul dan wilayah Magelang. Harga satu porsi sego godhog yakni berkisar antara Rp 13.000 sampai Rp 17.000 saja.

6. Oseng-oseng mercon
Oseng-oseng mercon sebenarnya nyaris sama laksana oseng-oseng pada umumnya. Oseng-oseng mercon ini biasa dimasak dengan bahan berupa kulit, lemak, kikil, dan tulang muda. Perbedaannya dengan oseng-oseng lainnyayakni pengolahannya yang dimasak dengan bumbu yang super pedas sampai-sampai dapat “meledakkan” lidah laksana mercon. Seperti itulah asal usul penamaan oseng-oseng mercon ini. Untuk yang mempunyai masalah dengan lambung tidak dianjurkan untuk mecoba-coba makanan super pedas ini. Oseng-oseng mercon tidak sedikit dijumpai di wilayah Jogja dengan harga berkisar antara Rp 15.000 sampai Rp 20.000 seetiap porsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *